Widyatula (Sarasehan) PKB XLIII Tahun 2021 Seni Pertunjukan Lingkungan Ritus Tubuh dan Konservasi

Widyatula (Sarasehan) PKB XLIII Tahun 2021

Seni Pertunjukan Lingkungan

Ritus Tubuh dan Konservasi

Senin, 5 Juli 2021, Pukul 10.00 WITA
(melalui Zoom Meeting, maksimal 200 peserta)

Narasumber: Prof. Dr. I Made Bandem, MA Didik Hadiprayitno, SST.

Moderator: Cokorda Yudhistira

Sebagaimana tema Pesta Kesenian Bali XLIII Tahun 2021, yakni “Purna Jiwa, Prananing Wana Kerthi (Jiwa Paripurna Napas Pohon Kehidupan)”, Widyatula (Sarasehan) Seni Pertunjukan kali ini tertaut perihal Lingkungan, sekala maupun niskala, mengedepankan tajuk ‘Ritus Tubuh dan Konservasi’.

Para narasumber terpilih akan berbagi pengalaman dan pandangan terkait bagaimana Tubuh dihadirkan dan diekspresikan dalam seni-seni pertunjukan tradisional, termasuk Bali. Tarian maupun beragam pertunjukan tradisional bukan semata mengungkapkan keindahan (gerak yang rancak, liuk tubuh puitik, irama dan komposisi keseluruhan yang padu), namun juga adalah Ritus atau persembahan bakti kepada Hyang Widhi atau Sang Maha Pencipta dalam berbagai manifestasinya, semisal Tari Sanghyang, Wayang Sapuh Leger, dan bentuk-bentuk ruwatan lainnya. Bagaimanakah tubuh diolah secara kreatif dan meditatif menjadi medium pembawa pesan penyadaran dan kepedulian akan lingkungan, serta mengingatkan kepada masyarakat pentingnya upaya konservasi menyeluruh? Bagaimanakah keberadaan seni-seni pertunjukan tradisional, berikut keberagaman ritusnya, dalam dinamika perkembangkan seni budaya di Bali, serta daerah lainnya? Seberapa jauhkah pengaruh seni pertunjukan tradisional dalam memperkaya ekspresi seni modern maupun kontemporer yang mengedepankan seruan kesadaran?

Topik dan pertanyaan esensial ini akan dibincangkan secara mendalam oleh dua narasumber yakni pembicara, seniman sekaligus budayawan Prof. Dr. I Made Bandem, MA dan Didik Hadiprayitno, SST, dipandu Cokorda Yudhistira. Kedua narasumber juga akan menelisik lebih jauh tentang ritus tubuh dan seni sebagai penyadaran tertaut pemaknaan tematik Pesta Kesenian Bali XLIII Tahun 2021, memuliakan pohon/hutan sebagai simfoni harmoni semesta raya menuju kesejahteraan hidup, menuntun manusia untuk mencapai jiwa yang maha sempurna.

Pendaftaran Widyatula (Sarasehan) melalui :  https://cutt.ly/daftarwidyatulapkb2021

Informasi lebih jauh: Wayan (085161252751)

#LuunganMabalihUliJumah #NontonPKBdariRumah #PKBXLIII2021

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.