Widyatula (Sarasehan) PKB XLIII Tahun 2021 Eco-Desain: Wiswarupa dan Gaya Hidup

Widyatula (Sarasehan) PKB XLIII Tahun 2021

Eco-Desain: Wiswarupa dan Gaya Hidup\

 

Kamis, 8 Juli 2021

Pukul 10.00 WITA

(melalui Zoom Meeting, maksimal 200 peserta)

Narasumber:Prof. Dr. Yasraf Amir Piliang, MA

Dr. Tjok Istri Ratna Cora Sudharsana, S.Sn., M.Si

Moderator: Tjok Istri Priti Mahendradevi

Sebuah produk desain dengan sentuhan kreasi seni, termasuk fashion, diharapkan tidak hanya mengedepankan estetika dan nilai ekonomi, melainkan mempertimbangkan pula kearifan lokal (local wisdom). Di sisi lain, dunia kini mengalami percepatan perubahan dengan kemajuan teknologi informasi yang tak terbayang, seketika dan serentak melahirkan perubahan gaya hidup yang dinamis, tak sedikit pula yang instan—produk-produk dikemas massal dan menjadi komoditi publik luas. Produk-produk tersebut kerap mengabaikan nilai ekologis dan kekayaan sosial-kultural lokal. Gaya hidup konsumtif tak dapat dipisahkan dengan industrialisasi, menggerus keahlian (craftmanship) yang bernilai seni tinggi.

Sebagaimana tema Pesta Kesenian Bali XLIII Tahun 2021, yakni “Purna Jiwa, Prananing Wana Kerthi (Jiwa Paripurna Napas Pohon Kehidupan)”, Widyatula (Sarasehan) kali ini tertaut perihal Lingkungan, sekala maupun niskala, mengedepankan tajuk ‘Eco-Desain: Wiswarupa dan Gaya Hidup’.

Dua narasumber yakni Prof. Dr. Yasraf Amir Piliang, MA dan Dr. Tjok Istri Ratna Cora Sudharsana, S.Sn., M.Si, akan membahas perihal bagaimana penerapan pendekatan desain yang elok bagi mata, tetapi mengandung unsur unik dan otentik warisan budaya lokal, sekaligus bersifat Eco-Desain— memanfaatkan bahan-bahan ekologis yang ramah lingkungan. Dibincangkan pula bagaimana seorang desainer mengolah secara kreatif elemen-elemen lokal yang unik berikut nilai-nilai filosofi yang terkandung di dalamnya menjadi sebuah kreasi produk yang menawan dengan sentuhan modern atau pun kontemporer—mencerminkan warna warni keindahan semesta (Wiswarupa). Terkait upaya pengembangan Eco-Desain, bagaimanakah mengelola gaya hidup masyarakat modern-kontemporer kini yang berbasis digital dan industri agar menumbuhkan ekosistem industri yang mendepankan upaya-upaya desain dan kreasi seni yang berkelanjutan (sustainable)?

Pendaftaran Widyatula (Sarasehan) melalui : https://cutt.ly/daftarwidyatulapkb2021

Informasi lebih jauh: Vanesa (085737495538)

#LuunganMabalihUliJumah #NontonPKBdariRumah #PKBXLIII2021

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.