Widyatula (Sarasehan) PKB XLIII Tahun 2021 Seni Rupa Lingkungan Ritus Rupa dan Interupsi

Widyatula (Sarasehan) PKB XLIII Tahun 2021
Seni Rupa Lingkungan
Ritus Rupa dan Interupsi

Selasa, 6 Juli 2021
Pukul 10.00 WITA
(melalui Zoom Meeting, maksimal 200 peserta)

Narasumber:
Dr. Tisna Sanjaya S.Sn, MA Nyoman Erawan

Moderator:
Wayan Juniartha

Para seniman atau perupa Bali tradisi sehari-hari juga menjalani laku penciptaannya sebagai sangging atau undagi. Pengabdian seni mereka menjadi bagian dari ritus dan religi Hindu Bali berlandaskan filosofi dan nilai-nilai yang digali dari kearifan lokal (local wisdom) Bali. Upacara dan ritual di Bali senantiasa menghadirkan berbagai unsur seni rupa melalui rerajahan atau ikon-ikon yang disucikan.

Selaras tema Pesta Kesenian Bali XLIII Tahun 2021, “Purna Jiwa, Prananing Wana Kerthi (Jiwa Paripurna Napas Pohon Kehidupan)” Widyatula (Sarasehan) Seni Rupa kali ini tertaut perihal Lingkungan, sekala maupun niskala, mengedepankan topik ‘Ritus Rupa dan Interupsi’.

Kedua narasumber Widyatula (Sarasehan) Seni Rupa Lingkungan ini adalah perupa yang tidak hanya berkarya dua dimensi, tetapi juga ragam tiga dimensi—termasuk seni rupa pertunjukan. Mereka mengeksplorasi estetik, stilistik, serta menggali tematik sebagai ekspresi kepedulian atau seruan kesadaran. Nyoman Erawan (Bali) dan Dr. Tisna Sanjaya S.Sn, MA (Bandung), tampil di kancah nasional dan internasional dengan seni ruang publiknya yang mengkritisi keadaan atau kenyataan sosial; mendorong lahirnya kesadaran baru—ruang renung bersama (seni partisipatori), cerminan sikap kritis mereka (Interupsi: penegasan sikap sosial).

Melalui Widyatula (Sarasehan) kali ini mereka akan membahas bentuk-bentuk Seni Penyadaran pembawa pesan kepedulian lingkungan. Bagaimanakah keberadaan seni rupa tradisional dalam dinamika perkembangan seni rupa di Bali, serta daerah lainnya? Bagaimana pula proses cipta seni ruang publik Erawan dan Tisna Sanjaya, seturut sikap kreatif mereka terhadap warisan seni tradisi adiluhung, yang terbukti memperkaya ekspresi seni modern atau kontemporer?

Pendaftaran Widyatula (Sarasehan) melalui :  https://cutt.ly/daftarwidyatulapkb2021

Informasi lebih jauh: Wayan (085161252751)

#LuunganMabalihUliJumah #NontonPKBdariRumah #PKBXLIII2021

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.