Widyatula (Sarasehan) PKB XLIII Tahun 2021 Sastra Lingkungan Ritus Kata dan Testimoni

Widyatula (Sarasehan) PKB XLIII Tahun 2021

Sastra Lingkungan

Ritus Kata dan Testimoni

 

Rabu, 7 Juli 2021

Pukul 10.00 WITA

(melalui Zoom Meeting, maksimal 200 peserta)

Narasumber: Drs. I Ketut Sumarta Hasan Aspahani

Moderator:Ni Ketut Sudiani

Sebagaimana tema Pesta Kesenian Bali XLIII Tahun 2021, yakni “Purna Jiwa, Prananing Wana Kerthi (Jiwa Paripurna Napas Pohon Kehidupan)”, Widyatula (Sarasehan) Sastra kali ini akan mengetengahkan perihal Lingkungan, sekala maupun niskala, dengan tajuk ‘Ritus Kata dan Testimoni’.

Sastra tidak pernah bisa dilepaskan dari kehidupan dan dinamika sosial-kultural masyarakat, di mana peradaban terbukti lahir dari sinergi yang subtil antara: estetika, spirituaitas, moralitas, dan etika. Pencapaian ini dalam filosofi Bali diungkapkan sebagai Tri Hita Karana, yang berisikan ajaran mengharmonikan relasi antar-diri (manusia), manusia dengan lingkungan, serta manusia dengan Tuhan (spiritualitas).

Sastra juga seringkali menjadi wahana estetik untuk memberi tempat pada kearifan lokal, yang kemudian memberinya warna unik, khas, magis, dan memiliki kekuatan spesifik. Di sisi lain, secara tradisional di Bali dikenal istilah ‘nyastra’, mencerminkan laku estetik yang telah mentradisi, mengandung pemahaman moral dan etika yang bersumber dari pengetahuan spiritual-empirik. Dalam religi Bali, sastra kerap pula hadir sebagai bagian dari Ritus atau sumber filosofi luhur Hindu Bali (aksara suci, mantra, lontar, juga wiracerita).

Widyatula (Sarasehan) Sastra Lingkungan juga akan membincangkan perihal peran sastra dalam kehidupan manusia dan relasinya dengan alam sekitar, serta sejauh mana sastra merefleksikan realitas masyarakat (Testimoni)? Seberapa penting peran sastra dalam mengangkat nilai-nilai kearifan lokal, serta seberapa jauh redefinisi dan atau reinterpretasi yang bisa dilakukan untuk mengaktualisasikan nilai-nilai luhur tradisi yang relevan dengan kekinian, dan mewarnai cipta karya modern- kontemporer? Bagaimanakah mengolah dan mendayagunakan secara kreatif sastra dalam kehidupan sehari-hari, sebagai pembentuk nilai dan kesadaran baru masyarakat yang menjunjung nilai luhur akal budi?

Pendaftaran Widyatula (Sarasehan) melalui : https://cutt.ly/daftarwidyatulapkb2021

Informasi lebih jauh: Wayan (085161252751)

#LuunganMabalihUliJumah #NontonPKBdariRumah #PKBXLIII2021

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.